Saturday, May 14, 2011

12 TIPS SEO LEBIH MUDAH


Pertama yang ada di benak pikiran untuk melakukan pekerjaan SEO biasanya sulit, tapi jangan lantas SEO itu sulit untuk dilakukan. Awali dengan hal-hal mudah namun dilakukan secara berkesinambungan dan itu yang menjadikan SEO menjadi lebih mudah, bukannya rumit.
Di artikel ini akan dijelaskan bagaimana mengubah mindset sulit menjadi mudah dan bisa dilakukan semua orang, bahkan yang baru memulai bisnis baru di ladang ini pun bisa menerapkannya.
Ada 12 cara yang bisa Kamu lakukan untuk menerapkannya.
1. Jadilah Murid SEO
Merasa lebih rendah akan membuat haus akan ilmu baru, jangan menganggap diri sendiri adalah orang hebat dalam melakukan SEO. Buat pikiran menjadi newbie. Ini akan memicu adrenalin mendapatkan pengetahuan anyar, bahkan bisa sharing dengan yang lainnya dan tanyakanlah apabila Kamu tidak mengerti pada orang yang lebih paham, tidak usah sungkan bertanya.
2. Sabar dan Komitmen
Sabar memang menjadi kunci dalam melakukan berbagai aktifitas, jangan terlalu nafsu untuk mendapatkan ribuan traffic ke situs Kamu dalam waktu 24 jam. Itu bisa saja terjadi, namun tetap saja butuh effort dan source yang besar. Untuk pemula biar paham bagaimana prosesnya, Kamu harus bersabar dan berkomitmen pada diri sendiri untuk tetap mempelajari SEO.
3. Bangun Website Sarat Informasi
Orang surfing di internet kuncinya adalah mencari informasi. Buatlah situs syarat informasi terbaru, cara itu membuat pengunjung Kamu akan kembali, kembali dan kembali. Kalau kurang yakin dengan situs yang informatif, tanyakan ke diri sendiri dan teman, sejauh mana situs yang Kamu bangun itu memiliki kelebihan?
4. Titel Tag
Pastikan untuk menyesuaikan Title Tag dengan Keyword, artinya jangan sama Titel Tag dengan keyword. Bedakan keduanya, karena kalau keduanya mirip, Google akan mendeteksi itu sebagai spam. Hindari itu.
5. Keyword
Lagi-lagi keyword, ya memang SEO itu menjaring traffic alami dari search engine. Kuncinya hanya satu, Keyword lah yang menjadi peranan sangat penting untuk memanggil pengunjung.
6. Buat Sitemap
Agar bot crawler tidak tersesat menarik informasi situs Kamu, buatlah Sitemap. Kalau menggunakan CMS seperti WordPress, Joomla atau lainnya, banyak file-file pendukung untuk meng-generate Sitemap. Jadi jangan anggap membuat Sitemap itu sulit, tapi manfaatkan sumber yang ada.
7. Ramah Search Engine
Search engine punya keistimewaan sendiri, buat lah permalink yang ramah bagi bot spider, sehingga dengan mudah titel konten Kamu menjadi keyword baru. Adalah WordPress yang dapat membantu untuk membuat permalink struktur yang dapat dengan mudah dicerna oleh search engine.
8. Buat Artikel Fresh
Jangan melakukan copy-paste dari situs lain, Google lebih senang pada situs Unique Content atau bahasa sehari-harinya, konten yang belum pernah terjamah bot. Manfaat membuat konten baru tentunya sangat bagus, salah satunya menarik perhatian pengunjung untuk membaca situs Kamu.
9. Link Building
Setelah itu diterapkan, mari saatnya membangun link dari berbagai situs. Banyak cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan blog commenting ke blog lain, atau web directory. Ada jutaan situs web directory, manfaatkan itu untuk membangun link popularity. Tidak perlu dengan satu juta daftar kamu daftar, cukup sepuluh saja sehari dengan rutin, tidak terasa keyword Kamu pun akan merajai dengan sendirinya.
10. Social Media
Selain situs web directory, situs jejaring juga sangat bermanfaat. Sebut saja Yahoo Answer, layanan tanya jawab buatan Yahoo itu dikunjungi jutaan pengguna setiap harinya. Manfaatkan itu untuk mencari traffic, caranya adalah memberikan jawaban berguna yang disadur dari situs Kamu. Mudah kan?
11. Dekati Site Tools
Setelah melakukan seperti yang di atas, kini saatnya mencoba akrab dengan Google Webmaster Central dan Yahoo Site Explorer. Pelajari dua tools tersebut untuk mempelajari sejauh mana situs Kamu menjelajahi kedua search engine terbesar itu.
12. Analisa
Ada layanan gratis dari Google yang bernama Google Analytic.Gunakan itu untuk menganalisa situs Kamu dari banyak hal, misal datangannya pengunjung dan keyword apa saja yang masuk. Dengan begitu, Kamu bisa lebih mengexplorasi dan mengoptimalkan dan mengetahui daya jelajah situs yang Kamu buat.
Kalau cara di atas telah dilakukan secara terus menerus, jangan heran kalau bulan depan traffic melonjak, karena metode seperti itu kerap dilakukan banyak orang yang berprofesi sebagai internet marketing. Mudah kan?

No comments:

Post a Comment