Tuesday, January 31, 2012

Penembak Jatim Rebut Tiket Olimpiade

Prestasi gemilang diukir atlet menembak Jawa Timur untuk merebut tiket Olimpiade. Babak kualifikasi menembak, yang digelar di Doha Qatar pada 12-20 Januari lalu, Indonesia berhasil meloloskan empat atletnya.

Satu dari empat atlet yang lolos itu merupakan penembak asal Jawa Timur. Dia adalah Diaz Kusumawardani dari kelas rifle putri. Sementara tiga atlet lainnya berasal dari Sumatra Selatan dua atlet, dan satu atlet lainnya berasal dari Jawa tengah.

Pelatih menembak Jatim, Maolana, Selasa, 31 Januari 2012, mengungkapkan berlaga di Olimpiade jauh lebih berat. Masalahnya catatan prestasi atlet menembak di ajang Olimpiade adalah 399 sampai 400 poin dari 40 kali tembakan. Sementara catatan prestasi yang diukir Diaz pada kualifikasi Olimpiade mencapai 388 dari tembakan yang sama.

“Peluang yang kita miliki masih terbuka lebar. Asal kita bisa bersungguh-sungguh selama persiapan menuju Olimpiade,” kata Maolana.

Masalahnya poin yang dikemas atletnya terpaut tipis dengan catatan rata-rata atlet yang berlaga di Olimpiade. Hanya saja dia belum memiliki data negara yang memiliki catatan poin terbaik.

Terlepas dari lolosnya empat atlet nasional ke Olimpiade di London, Inggris, Agustus nanti, Maolana menyambut gembira. Ini merupakan sejarah bagi olahraga menembak Indonesia . “Tentu kami senang, karena ini untuk pertamakalinya kita mendapat tiket Olimpiade,” ungkapnya.

Pengprov Perbakin Jawa Timur akan melakukan pembicaraan dengan KONI Jawa Timur. Ini tidak lepas dari pelaksanaan Olimpiade yang berhimpitan dengan PON XVII/ 2012. Bila Olimpiade digelar bulan Agustus, PON direncanakan bulan September. Waktu yang berhimpitan itu juga rentan mengalami penurunan prestasi atau hal non teknis lainnya.

“Secepatnya kami akan melaporkan hasil ini ke KONI Jawa Timur. Apakah nanti kita mendapat ijin dari KONI atau tidak. Ini karena pelaksanaan waktu yang berhimpitan,” jelasnya. Masalahnya tampil diajang Olimpiade adalah kebanggaan bagi semua atlet. Olimpiade dianggap sebagai olahraga multievent tertinggi sejagad.

No comments:

Post a Comment